Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

Tips Memilih Asuransi Syariah

Hal pertama yang bisa dicermati adalah pola penawaran asuransi dari agen asuransi. Jikalau penawaran asuransi sudah menggunakan cara hard selling atau sedikit memaksa, kemudian juga mengabaikan etika, tentu hal ini bisa dipertanyakan tentang implementasi syariah dalam asuransinya. Banyak agen asuransi yang bersikap seolah-olah menjual sesuatu yang bukannya menawarkan jalan keluar dalam hal perencanaan masa depan. Bahkan, tidak jarang yang dikedepankan adalah keuntungan-keuntungan komersial jika seseorang ikut dalam asuransi syariah, bukannya mengedpankan prinsip saling menolong.

Hal kedua yang bisa dicermati adalah pola penjelasan benefit-benefit asuransi kepada calon perserta asuransi secara transparan. Peserta asuransi bila menanyakan prinsip-pinsip syariah yang dijalankan, termasuk tidak trdapatnya unsur maghrib. Dalam hal ini, tidak ada sesuatu yang seolah-olah hendak ditutup-tutupi. APablia agen asuransi tidak bisa menjelaskannya, tentu patut dipertanyakan kredibilitas perusahaan asuransi tersebut.

Hal ketiga yang bisa dicermati adalah produk-produk asuransi syariah yang ditawarkan. Dalam hal ini, patut diketahui tentang sistem asuransi yang mengandung unsu keuntungan tijarah) dan sistem asuransi yang mengandung unsur sosial (tabarru’)

Hal ke empat yang bisa dicermati adalah profesionalitas perusahaan asuransi dari testimony maupun tingkat keluhan yang terjadi. APabila kita sering melihat surat kabar dalam rubric surat pembaca ataupun pengalaman dari nasabah yang kecewa sehingga menyuarakan, kita bisa menilai profesionalitas sebuah perusahaan asuransi dalam menangani klaim nasabahnya. Klaim yang dipersulit dan berlarut-larut syariah yang mengedapnkan kemudahan.

Dalil-Dalil Syar’I dalam praktik asuransi syariah

Tentu anda telah membaca beberapa fakta berupa fatwa dari para ulama tentang pandangan mereka terhadap asuransi, khususnya asuransi konvensional. Memang terjadi perbedaan pendapat dalam menyikapi asuransi dari berbagai sudut pandang. Namun, tampaknya perlu kiranya kita mengetahui dalil-dalil syari’I yang mendukung terhadap praktik asuransi syariah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa asuransi syariah yang mengandung maksud persiapan, perencanaan atau pun antisipasi terhadap apa yang terjadi kemudian.

Praktik asuransi syariah juga mengandung kegiatan tolling-menolong. Hal yang mendukung terhadap praktik asuransi syariah juga berdasarkan hadits Nabi Muhammad saw.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


thanks! click to close