Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

Risiko hutang jangka pendek dan panjang

Pembiayaan pribadi dan perusahaan, tidak asing dengan jangka waktu jatuh tempo. Apalagi di dunia bisnis, utang nampaknya sudah menjadi kebutuhan dasar untuk mengelola dan mengembangkan bisnis.

Dengan demikian, hampir semua bisnis dijalankan dan dikelola dengan menarik hutang untuk menambah modal mereka. Oleh karena itu, minimnya modal seringkali menjadi kendala bagi perutean keuangan untuk menggerakkan perusahaan.

Utang itu sendiri terdiri dari hutang jangka pendek dan jangka panjang. Namun secara umum, hutang jangka panjang menjadi pilihan sebagai solusi bagi perusahaan yang membutuhkan dana dalam jumlah besar, untuk membeli mesin baru, aset atau pabrik dan lebih.

Meskipun hutang jangka panjang merupakan pilihan lain untuk menarik pinjaman, yang terbaik adalah mengidentifikasi risiko dan manfaat terlebih dahulu. Inilah risiko utang jangka panjang:
1. Risiko penurunan terhadap jumlah saham yang dapat dipulihkan

Risiko kerugian nilai saham ini umumnya berlaku untuk perusahaan besar yang telah menjual sahamnya di pasar saham. Besarnya nilai hutang dapat mempengaruhi nilai pasar dari penjualan saham, di mana sejumlah besar hutang cenderung menurunkan nilai saham. Jelas, ini adalah risiko yang sangat besar bagi perusahaan karena bisa saja membuat perusahaan tersebut mengalami kerugian besar.

2. Risiko pembayaran hutang

Kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang tentu akan tergantung pada kinerjanya. Risiko selalu hadir dalam pengembangan kinerja perusahaan, meski perusahaan telah menerima serangkaian suntikan dana dalam bentuk hutang jangka panjang. Pinjaman jangka panjang ini akan berisiko bagi perusahaan untuk membayar hutangnya jika kinerjanya tidak sebaik yang diharapkan.

3. Keuangan Buzz

Semua jenis utang pasti menjadi beban. Utang jangka panjang ini juga akan membanjiri keuangan di masa depan. Bukan hanya pokok utang, beban biaya dan bunga juga akan membebani keuangan, apalagi jika perusahaan tidak berkinerja baik.

4. Beban dengan biaya bulanan menjadi tinggi

Meski memiliki jangka panjang, jumlah angsuran jangka panjang akan tergantung pada biaya bulanan. Jumlah hutang yang besar ini akan berbanding lurus dengan jumlah paket yang cukup besar dan bertahan lebih lama.

Meski begitu, beberapa risiko yang terkait dengan hutang jangka panjang masih bisa diatasi dengan baik, terutama jika manajemen perusahaan memiliki kemampuan mengelola hutang dengan baik.
Jika ada risiko seperti itu, akan ada sejumlah keuntungan yang bisa didapat dari hutang jangka panjang tersebut. Apa pun?

1. Utang tidak mempengaruhi manajemen perusahaan
Dalam memperoleh hutang jangka panjang, sumber hutang atau yang biasa disebut pemegang obligasi (efek hutang) tidak akan memiliki hak suara di perusahaan saat ini. Hal ini sangat baik bagi perusahaan karena perusahaan tidak perlu melakukan perubahan dalam manajemen dan operasional perusahaan dalam kontrak utang jangka panjang.

2. Anda bisa menggunakan sedikit minat

Utang jangka panjang akan diterapkan pada sejumlah bunga tertentu yang kemudian menjadi beban perusahaan manajemen. Tapi ini masih ringan dan cukup menguntungkan dibandingkan dengan jumlah dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham perusahaan.

3. Anda juga bisa mengurangi pajak

Saat melakukan hutang jangka panjang, manfaat yang akan didapat adalah mengurangi beban pajak. Karena jika dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham tidak dibebankan sebagai biaya dan menimbulkan beban pajak tertentu kepada perusahaan, maka bunga atas pinjaman tersebut termasuk dalam biaya biaya dan tidak menimbulkan pajak bagi perusahaan.

Hitung dan rencanakan secara matang jika menginginkan hutang jangka panjang

Meski untuk pengembangan bisnis dan bagus, akuisisi utang jangka panjang masih harus dilakukan dengan keseimbangan penuh. Pastikan hutang ini akan berdampak positif bagi perusahaan sehingga kelas bisa memiliki kemampuan membayar yang baik.

 

Sumber : Cermati.com

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>