Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi penting karena risiko tidak ada yang tahu

Anda bisa mengontrol kesehatan, tetapi tidak bisa mengontrol kecelakaan

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kecelakaan tidak mengenal waktu dan tempat

Pintarlah mengelola risiko yang datang

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

Perusahaan asuransi syariah

Perusahaan asuransi syariah dan para pengelola maupun para karyawannya dituntut untuk juga bersikap wara (berhati-hati) terhadap pelayanannya kepada calon peserta maupun yang telah menjadi peserta asuransi. Kehati-hatian ini perlu dipahami menigant adanya fakta-fakta berikut ini.

  1. Praktik mempersulit terjadinya klaim dari peserta asuransi sehingga perserta asuransi mendapatkan asumsi baha klaim dalam asuransi syariahpun sama dipersulitnya dengan pengajuan klaim pada asuransi konvensional. Hal ini tentu tidak sesuai dengan hadits Nabi Muhammad saw yang menganjurkan perilaku memudahkan urusan orang lain.
  2. Praktik mendorong peserta asuransi lebih melihat pada keuntungan finansial dari pada keberkahan dari niat menolong sekaligus berinvestasi dijalan yang diridhai Allah swt.
  3. Praktik menjelaskan produk asuransi syariah, tetapi sama sekali atau kurang sekali memahami prinsip dasar asuransi syariah dalam islam maupun pendapat para ulama.
  4. Praktik nebawarkan produk asuransi syariah yang menjurus pada suatu yang belum jelas kebenarannya seperti mempresentasikan bahwa asuransi ini sangat menguntungkan dari sisi financial dan bisa membuat seseorang mendapat rezeki besar kelak.
  5. Praktik menawarkan produk asuransi syariah yang menjurus pada pemaksaan atau calon peserta asuransi merasa terganggu dengan cara penawarannya yang tidak memperhatikan etiket bergaul secara islami.
  6. Praktik mencampur adukan antara yang hak dan bathil seperti terjadi ketika seorang pemasar asuransi syariah yang kebetulan induk perusahaannya adalah perusahaan asuransi konvensional maka selain menawarkan produk asuransi syariah, ia pun menarakan produk asuransi konvensional. Alasan utama terkadang ekonomi ketika produk asuransi konvensional lebih memberikan benefit uang dari pada produk asuransi syariah. Alih-alih menawarkan asuransi syariah yang menenangkan bagi muslim, si pemasar asuransi malah menawarkan produk asuransi konvensional dengan iming-iming keuntungan financial lebih besar. Alasan yang dikemukakan terkadang juga sangat bertentangan bahwa pada dasarnya asuransi konvensional sama saja dengan asuransi syariah.

Selain memberikan benefit bagi peserta dan perusahaan, asuransi syariah juga memberikan kontribusi benefit secara makro.

benefit bagi pemerintah membantu pemerintah dalam mengatasi sosial ekonomi masyrakat, diantaranya:

  1. Menyediakan lapangan kerja islami
  2. Membantu mengatasi masalah bencana seperti kasus tsunami di Aceh.
  3. membantu pengelolaan risk management proyek=proyek pembangunan pemerintah, mulai dari tender hingga pemulihan kerugian yang terjadi.
  4. Memberdayakan ekonomi mikro, seperti UKMK dan BMT
  5. Membantu pendanaan biaya keehatan masyrakat
  6. Menghimpun dan mendistribusikan ZIS

benefit bagi masyrakat

  1. Mendapatkan pembelajaran tentang perencanaan keuangan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, contohnya financial planning, risk management
  2. Membantu kelangusngan usaha, mulai dari tender hingga pemulihan kerugian yang terjadi
  3. Membantu kelangsungan sosial masyrakat, perlindungan asset/property masyrakat.
Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>