Permainan yang membuat anda pintar mengelola uang

Permainan yang membuat anda pintar mengelola uang

Mengelola keuangan tidaklah mudah. Seringkali, kita menemukan hambatan untuk mengelola keuangan dan cenderung bosan. Apalagi kalau tips yang diterapkan cenderung sama dari tahun ke tahun, yaitu menabung dan berinvestasi.

Jika bosan dalam mengelola keuangan muncul, Anda bisa mengganti tip sebagai game yang lebih mudah dan lebih menyenangkan. Kiat mengelola keuangan seperti permainan papan telah populer dalam beberapa tahun terakhir. Keberadaan tip ini sangat memudahkan seseorang untuk mengelola keuangan mereka.

Saran apa yang bisa Anda ikuti untuk mengelola keuangan Anda dengan bijak? Berikut adalah 5 tips.

1. Cashflow 101
Arus kas pada sistem arus kas diperkenalkan oleh Robert. T. Kiyosaki. Bagan ini mengajarkan tentang prinsip-prinsip arus masuk arus kas dan membantu meningkatkan kepercayaan seseorang dalam mengambil keputusan sambil berinvestasi. Inti kerangka Cashflow 101 ini adalah untuk memahami petunjuk dan grafik yang ditampilkan dalam game.

Game ini cocok dimainkan oleh 2 sampai 6 orang, dimana pemain berusia minimal 14 tahun ke atas. Untuk anak di bawah 14 tahun, Anda bisa bermain Cashflow 101 Kids alias versi anak-anak. Seperti yang diajarkan dalam game ini, antara lain:

2. Monopoli

Monopoli adalah permainan satu juta orang, yang dimainkan oleh anak-anak, remaja, orang dewasa dan bahkan orang tua. Permainan monopoli ditemukan pada tahun 1930. Inti permainan adalah mengumpulkan uang, meningkatkan investasi, dan membayar pajak dan denda. Game ini dimainkan oleh 2 sampai 6 orang dari segala umur.
Yang diajarkan dalam game ini meliputi:

Mengelola transaksi tunai

Selesaikan pembayaran hutang beserta pajaknya

Kumpulkan uang setiap kali Anda berpindah dari satu kota ke kota lain

Negosiasi pembayaran hipotek untuk menambah pendapatan atau keuntungan

Perbaiki keterampilan matematika dasar

Tingkatkan investasi dengan membeli properti sebanyak mungkin

3. Game Kehidupan
Game ini telah ada selama 150 tahun, ini juga telah menginspirasi banyak orang tentang bagaimana mengelola keuangan. Seperti monopoli, game ini juga memiliki beberapa versi yang memungkinkan pemain untuk memilih mana yang sesuai. Seorang pemain keluar sebagai juara jika ia memiliki karir terbaik dan jumlah kekayaan terbesar. Sama seperti di kehidupan nyata.

Game ini berisi 2 sampai 6 orang dalam satu putaran, sangat cocok untuk dimainkan oleh semua umur. Namun, The Game of Life sangat sesuai saat diperkenalkan pada anak-anak. Tujuannya agar anak-anak mampu mengelola keuangan mereka pada usia yang sangat muda.

Adapun apa yang diajarkan dalam The Game of Life antara lain:

Pengaruh pendidikan dan pekerjaan untuk menghasilkan pendapatan

Jumlah hutang dan tingkat suku bunga

Efek kehilangan pekerjaan terhadap pendapatan

Pengaruh pajak, hutang dan sikap konsumen

Pentingnya investasi lebih awal
4. Hari pembayaran

Saat bermain Payday, Anda bisa mengatur dan menetapkan biaya setiap bulan. Dari pengeluaran harian, biaya tak terduga, hutang dan cicilan. Setiap pemain akan merancang keuangan mereka selama satu bulan atau lebih. Namun, jumlah bulan harus ditetapkan sebelum pertandingan dimulai. Pemain yang tertinggal sebagai pemenang adalah pemain dengan kekayaan terbesar, seperti permainan yang dijelaskan di atas.

Game ini bisa dimainkan oleh 2 sampai 4 orang. Manfaat yang didapat dalam game ini antara lain:

Evaluasi penerimaan kas

Pembayaran hutang

Tetapkan biaya bulanan

Penggunaannya memiliki dana darurat
5. Muat besar
Charge Large adalah game yang dirancang pada tahun 2007. Namun, game ini dijual ke perusahaan Hasbro pada tahun 2009 dan sesudahnya. Setiap pemain bisa membeli barang secara kredit. Pemain dinyatakan sebagai pemenang jika jumlah utangnya tidak melebihi Rp 300 juta.

Biaya besar bisa dimainkan 2 sampai 4 orang, setiap pemain minimal 12 tahun ke atas. Manfaat dari game ini antara lain:

Biaya mungkin tidak melebihi batas kartu kredit

Biaya besar akan sebanding dengan jumlah bunga yang dibayarkan

Pelajari tentang kemampuan mengatur keuangan

Jika Anda bukan tipe orang yang pintar mengelola keuangan, jangan ragu untuk mencoba salah satu papan permainan di atas.

 

Sumber : Cermati.com

admin