Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi penting karena risiko tidak ada yang tahu

Anda bisa mengontrol kesehatan, tetapi tidak bisa mengontrol kecelakaan

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kecelakaan tidak mengenal waktu dan tempat

Pintarlah mengelola risiko yang datang

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

Perkembangan Ekonomi Syariah (.)

Ekonomi konvensional atau sistem ekonomi kapitalis lambat laun mulai terkuak tidak mampu menjawab tantangan zaman. Bahkan, ekonomi kapitalis ini cenderung menyesatkan dan menyengsarakan banyak orang.

Dalam bukunya yang kontroversial, The Confessions of An Ecenomic Hit Man, John Perkins, seorang agen rahasia membuat pengakuan mengejutkan. Perkins ternyata ditugaskan, menurut istilahnya sebagai preman ekonomi dengan misi menundukkan para pemimpin dunia untuk kepentingan ekonomi Amerika. Ia menjadi konektor guna memberikan utang melalui lembaga keungan dunia kepad negara-negara berkembang yang memiliki sumber daya alam, termasuk tentunya Indonesia. Utang dengan praktik ekonomi kapitalis yang dipenuhi sistem riba benar-benar menjerat banyak negar sehingga akhirnya harus tunduk pada kebijakan politik dan ekonomi negara pemberi utang.

Lambat namun pasti, semangat perlawanan tampak mulai tumbuh. Senjata yang paling ampuh adalah sistem ekonomi syariah, sistem yang ijalankan atas dasar saling menolong, saling menguatkan, dan saling percaya. Spirit ekonomi syariah yang justru tumbuh di negara negara Asia kemudian semakin memuncak dengan didirikannya Islamic Development Bank (IDB) pada 1975 ( bepusat di Jeddah) yang menawarkan sistem perbankan Islam jauh lebih aman dari pada Worl Bank maupun Badan Moneter International (IMF).

Di Indonesia sendiri pada 1992, berdiri Bank Muamalat yang merupakan cikal bakal bank syariah di Indonesia. Pada waktu itu perkembangan dan pertumbuhan bank syariah ini begitu lambat. Namun, pasca krisis moneter pada 1997 -1998, perkembangan dab pertumbuhan bank syariah meroket hingga mencapai booming pada 2000 an dengan banyaknya bank bank konvensional mendirikan cabang syariah.

Perkembangan ini juga mendapat perhatian dai tokoh-tokoh ekonomi non-muslim di Indonesia. Hermawan Kartajaya seorang pakar marketing mengatakan, Sistem spiritual marketing ini berkembang sejak manusia mulai jenih dengan sistem kapatalisme. Kita sama-sama tahu bahwa sistem kapitalisme yang mementingkan profit oriented, ternyata tidak selalu membawa keuntungan. Justru saat terjadi krisis 1998, perbankan konvensional di Indonesia adalah yang paling terkena imbasnya.

Perekonomian syariah muncul sebagai jawaban atas kekhawatiran terhadap praktik riba pada bank-bank konvensional . Ada banyak contoh sukses perusahaan dengan sistem syariah ini. Bank muamalat Indonesia, misalnya bank ini terbukti bertahan dari guncangan krisis yang membangkrutkan sector perbankan di Indonesia waktu ini.
Kini memang telah ramai dunia ingin segera mengadopsi sistem ekonomi syariah dalam praktik ekonominya. Inspirasi awal memang telah dimulai di Malaysia, Pakistan, lalu Mesir yang mencatat sukses dengan pendirian Mit Ghamr Local Saving Bank.

Negara timur tengah, seprti Pakistan, Iran dan Sudan telah menganut sistem keuangan negaranya full syariah alias nirbunga. Lalu, menyusul negara-negara Barat seprti Denmark yang mendirikan The Islamic Bank International of Denmark pada 1983 yang tercatat sebagai bank syariah pertama di eropa.
Di asia tonggak pertama ditancapkan di Malaysia dengan berdirinya Bank Islam Malaysia pada 1983. Di Indonesia pada 1991 berdiri Bank Muamalat Indonesia yang kemudian beroperasi secara resmi pada 1992.
Kini, di Indonesia sendiri sampai akhir tahun 2008 terdapat lima bank umum syariah, yaitu bank Muamalat Indonesia, bank Syariah Mandiri, Bank Syariah Mega Indonesia, Bank BRI Syariah, dan Bank IFI. Lalu, hingga akhir tahun 2008 terdapat 30 unit usaha syariah di bank-bank konvensional, seperti BNI Syariah, Bank IFI Syariah, BRI Syariah, Bank Bukopin Syariah, BII Syariah, Bank Danamon Syariah dan Bank CIMB Niaga Syariah. Bank ASing yang membuka unit syariah di Indonesia juga terus bertambah diantaranya HSBC Syariah dan ABN Amro Syariah.
Tidak hanya dalam hal perbankan, ekonomi syariah juga diterapkan, ekonomi syariah juga diterapkan dalam bidang asuransi, pembiayaan dan pegadaian, hotel dan bisnis ritel. Dalam bidang asuransi, seiring dengan kesadaran berasuransi yang meningkat pada masyrakat, asuransi syariah juga mengalami perkembangan signifikan.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>