Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi penting karena risiko tidak ada yang tahu

Anda bisa mengontrol kesehatan, tetapi tidak bisa mengontrol kecelakaan

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kecelakaan tidak mengenal waktu dan tempat

Pintarlah mengelola risiko yang datang

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

Perbandingan langsung antara asuransi konvensional dan asuransi syariah (.)

Ada baiknya kita mencermati perbandingan langsung antara asuransi konvensional dan asuransi syariah dalam uraian berikut:

Jenis-jenis asuransi

Berikut ini adalah konsep asuransi konvensional sebagaimana terdapat dalam undang-undang no 2 tentang usaha perasuransian.

ASuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua belah pihak atau lebih, pihak penganggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Kemudian, asuransi dikategorikan sebagai bisnis komersial atau juga sebagai industri jasa keuangan. Kegiatan atau aktivitas bisnisnya adalah dengan cara mengumpulan premi asuransi yang digunakan bagi kepentingan perlindungan kepada para peserta asuransi terhadap bagi kepentingan perlindungan keluarga kepada peserta asuransi terhadap kemungkinan timbulnya kerugian karena suatu peristiwa yang tidak pasti atau terhadap hidup atau meninggalnya seseorang.

Secara umum, jenis usaha asuransi “komersial” dapat dikelompokan menjadi sebagai berikut

ASuransi jiwa yaitu usaha yang memberikan jasa dalam penanggunan risiko yang dikaitkan dengan hidup atau meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan.

Asuransi umum

Usaha yang memberikan jasa dalam penganggulangan risiko atas kerugian, kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, yaitu timbul dari perisiwa yang tidak pasti.

Pada dasarnya, produk asuransi jiwa dapat dikategorikan sebagai berikut

  1. Asuransi berjangka yaitu manfaat asuransi dibayarkan oleh perusahaan asuransi apabila perserta asuransi mengalami musibah yang mengakibatkan meninggal dalam masa perjanjian.
  2. Asuransi seumur hidup

Manfaat asuransi yang dibayarkan olerh perusahaan asuransi kepada ahli waris apabila peserta meninggal dunia.

  1. Asuransi dwiguna

Manfaat asuransi yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi yang dibayarkan ole prusahaan asuransi apabila peserta meninggal dalam masa perjanjian atau tetap hidup sampai akhir perjanjian.

 

Sebagai perbandingan ada baiknya kita melihat juga peraturan tentang asuransi syariah seperti yang terdapat dalam fatwa DSN NO. 21/DSN-MUI/X/2001 tentang usaha perasuransian.

Berdasarkan fatwa dewan syariah nasional No. 21/DSN-MUI/X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah mendefinisikan bahwa asuransi syariah (Ta’min, Takaful, Tadhamun) adalah usaha yang saling melindungi dan tolong-menolong diantara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk asset dan atau tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>