Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi penting karena risiko tidak ada yang tahu

Anda bisa mengontrol kesehatan, tetapi tidak bisa mengontrol kecelakaan

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kecelakaan tidak mengenal waktu dan tempat

Pintarlah mengelola risiko yang datang

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

Jenis-jenis Wakalah Asuransi Syariah

Jenis-jenis Wakalah

Dilihat dari sisi bentuk, ojek yang diwakilkan dan ada atau tidaknya konsekuensi hukumnya, akad wakalah memiliki dan wakalah khaasah.

Jenis Pertama : Wakalh amah dan wakalah khasah

Dilihat dari sisi khusus dan umumnya sesuatu yang diwakilkan, wakalah terbagi menjadi dua yaitu wakalah amah dan wakalah khasah.

  1. Wakalah ammah (perwakilan umum)

Wakalah amah yaitu mewakilkan suatu urusan secara umum, tanpa mengkhususkan suatu perkara atau mengecualikan perkara lainnya. Perwakilan umum memiliki hak/kuasa untuk melakukan semua urusan, selama tidak mendatangkan mudharat bagi muwakil.

  1. Wakalah khasah (perwakilan khsusus)

Wakalah khasah yaitu mewakilkan suatu urusan secara khusus hanya pada urusan yang diwakilkan , misalnya mewakilkan pada aspek jual beli saja dan simpan pinjam saja. Dalam wakalah khasah ini, wakil tidak diperkenankan mengerjakan atau melakukan sesuatu yang tidak diwakilkan kepadanya.

 

Jenis kedua : Wakalah Mutlaqah dan wakalah muqayyadah

Dari sisi terikat dan tidak terikatnya objek ang diwakilkan, wakalah tebagi sebagai berikut

  1. Wakalah Mutlaqah

Wakalh mutlaqah, yaitu wakalah yang tidak terikat dengan ikatan waktu (zaman), ikatan tempat (makan) atau ikatan-ikatan lain. Misalnya, seseorang yang mewakilkan orang lain untuk menjual kendaraanya.

  1. Wakalah Muqayadah

Wakalh muqayadah yaitu wakalah yang terikat dengan ikatan waktu, tempat atau ikatan-ikatan lain. Misalnya, seseorang yang mewakilkan orang lain untuk menjualkan kendaraannya besok pagi, disuatu tempat tertentu.

 

Jenis ketiga : Wakalah bil Ujrah dan Wakalah bidunil Ujrah

Dari sisi tidaknya kompensasi yang diberikan dari perwakilan tersebut, wakalah dibagi menjadi sebagai berikut

  1. Wakalah bil Ujrah

Wakalah bil ujrah, yaitu mewakilkan untuk mengerjakan sesuatu dengan memberikan ujrah kepada wakil yang mengerjakannya. Dalam wakalah bil ujrah, wakil harus melaksanakan tugasnya dengan baik dan tidak boleh membatalnya secara pihak. Perusahaan asuransi syariah dalam menjalankan usahanya, umumnya menggunakan akad wakalah bil ujrah.

  1. Wakalah bidunil Ujrah

Wakalah bidunil ujrah yaitu mewakilkan untuk mengerjakan sesuatu dengan sukarela tanpa memberikan ujrah/upah tertentu kepada wakil yang mengerjakannya. Dalam wakalah bidunil ujrah, wakil boleh melepaskan diri dari tugasnya secara sepihak.

asuransi syariah

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>