Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

Filosofi berasuransi syariah

Praktik dan implementasi ekonomi syariah harus didukung oleh aksi dan strategi yang komprehensif. Aksi ini sangat potensial apabila melibatkan dukungan umat islam yang mencapai jumlah terbesar di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Aksi menjadi semakin mendapatkan perhatian apabila sosialisasi dan edukasi dilakukan secara praktif serta aktif. Bahkan, pendidikan ekonomi syariah jika perlu ditanamkan kepada anak anak muslim sejak usia dini hingga perguruan tinggi. Untuk itu diperlukan SDM terlatih dan professional guna menjalankan misi ini. Pada ujungnya, diperlukan dukungan pemerintah yang tentunya dapat mengakomodasi keinginan sebagian besar masyrakat muslim Indonesia.PAda kenyataanya, ekonomi syariah bukanlah ekonomi ekslusif untuk kaum muslim. Ekonomi syaiah berlaku secara umum dengan mengedepankan prinsip keadilan tanpa merugikan siapapun , karena itu, islam menghalalkan jual beli, tetapi melarang keras terjadinya praktik laba. Islam menghalalkan jual beli barang-barang yang halal dan mengharamkan jual beli pada barang-barang yang haam.

Praktik ekonomi syariah dalam perbankan maupun perasuransian pada prinsipnya adalah praktik dagang sehingga hukumnya halal. Akan tetapi, praktik ini jatuh menjadi haram apabila dalam implementasinya terdapat hal-hal yang merugikan salah satu pihak meskipun kemudian disebutkan bahwa salah satu pihak meskipun kemudian disebutkan bahwa salah satu pihak tersebut sudah ridha dengan menandatangani akad. Demikianlah mulianya islam ingin melindungi siapa pun. Tidak ada kehalalan yang mengiringi karena ketidaktahuan atau pun penipuan.

Filosofi berasuransi syariah

Sebuah perkumpulan di daerah Sumatra utara yang telah berdiri sejk puluhan tahun lalu dan hingga kini masih menebar manfaat adalah serikat tolong menolong (STM). STM didirikan dengan maksud meringankan beban keluarga disebabkan salah seorang anggotanya yang meninggal dunia. Untuk itu, STM memberikan segala biaya guna pengurusan jenazah, termasuk biaya ambulans dan sebagainya. STM digerakan dengan modal iuran bersama yang kemudian iuran dikelola oleh para pengurus yang ditunjuk dalam rapat anggota hingga dari hasil penyimpanan iuran, para anggota menanggung bersama biaya kemalangan yang terjai akibat musibah kematian salah seorang anggota.

Prinsip seperti  perkumpulan STM ini adalah sama dengan prinsip berasuransi syariah. Filosofi tolong-menolong sangat kentl dengan asas menguatkan rasa persaudaraan dan tanggung jawab antr sesame muslim. Berasurnsi syarih pada dasarny juga didorong oleh niat untuk mndermakan sebagian harta (tabarru’) karena Allah Swt.

Filosofi berasuransi syariah sangat kental bernuansa ibadah, terutama dalam praktik muamalah sekaligus juga bernuansa sosial dengan mengutmakan akidah dan akhlak islami. Islam meletakkan dasar-dasar persaudaraan ini lebih tinggi seperti juga yang tersirat mupun tersurat didalam Al Quran dan Al-Hadits.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>