Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

Ekonomi Syariah (.)

Apa yang anda ketahui dan pandang tentang ekonomi syariah ? Apakah ekonomi syariah sebatas praktik ekonomi yang menggunakan prinsip-prinsip hukum islam dengan hakikat dari Allah SWT ? Anda tidak salah. Akan tetapi, perlulah kiranya anda tahu lebih mendalam bahwa ternyata ekonomi syariah memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan ekonomi konvensional.

Saat terjadi terpaan krisis ekonomi yang hamper melanda seluruh dunia pada 1997, ternasuk menghancurkan ekonomi Indonesia, telah terbukti bahwa lembaga keuangan berbasis syariah termasuk yang paling bertahan menghadapi krisis. Konsep uang kertas yang dikembangkan di Amerika ternyata merupakan konsep merugikan sehingga sangat berbanding terbalik dengan konsep merugikan sehingga sangat berbanding terbalik dengan konsep merugikan sehingga sangat berbanding terbalik dengan konsep dinar dan dirham yang dikembangkan semasa Nabi Muhammad SAW. Dinar dan dirham yang mrupakan mata uang logam dengan kandungan emas dan perak terbukti nialinya tidak berubah saat kini dibandingkan ratusan tahun lalu.

Coba bandingkan. Dahulu, harga satu ekor lomba adalah satu dinar. Kini, jika kandungan emas dalam dinar dikalkulasikan dengan nilai satu gram emas saat ini, akan diperoleh nilai yang hamper sama bahwa satu ekor domba setara dengan satu dinar emas. Kandungan dinar adalah emas 22 karat sebert 4.25 gram atau pada ahir tahun 2008 setara dengan nilai sekitar 1.5 juta rupiah. Nilai dinar sebesar itu hamper sama dengan harga seekor domba dengan kualitas nomor satu.

Emas merupakan logam mulia yang tentunya tidak terpengaruh oleh inflasi. Apa yang ditakutkan dari penggunaan uang dengan materi kertas adalah kanaikan inflasi yang tidak terkendali. Inflasi yang berarti menurunnya daya beli uang melanda seluruh mata uang didunia, bahkan yang dianggap perksasa sekalipun seperti dolar Amerika. Sepanjang tahun 2003 – 2008, daya beli dolar Amerika terhadap emas turun 44 % dan dalam 40 tahun terakhir, daya beli dolar amerika terhadap emas melorot tajam hingga 5.50 %.
Mahasuci Allah swt yang menciptakan emas sebagai logam mulia dan dapat digunakan sebagai alat tukar. Muhaimin Iqbal dalam bukunya Dinar Solution menyebutkan alasan mengapa emas begitu terjaga daya belinya dibandingkan uang kertas sebagai berikut.

1. Ketersediaan emas diseluruh dunia yang terakumulasi sejak kali pertama manusia menggunakannya, sampai sekarang diperkirakan hanya berkisar 130.000 ton sampai 150.000 ton. Peningkatannya per tahun hanya berkisar 1.5 % – 2.0 %. Peningkatan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia di seluruh dunia yang jumlah penduduknya tumbuh sekitar 1.2 % per tahun.

2. Emas tidak bisa rusak atau dirusak. Emas bisa dicampur dengan logam lain, seperti perak dan tembaga untuk dijadikan perhiasan. Akan tetapi, apabila perhiasan tersebut dilebur dan dipisahkan campurannya, akan tersisa jumlah emas yang sama dengan aslinya.

3. Kepadatan nilainya yang tinggi membuat emas mudah disimpan. Seluruh emas di dunia sebesar 150.000 ton muat untuk ditaruh dalam satu kolam renang yang besar.

4. Emas mudah dibentuk, dibagi dan dipecah kecil-kecil sehingga mudah pula untuk menggunakannya sebagi alat tukar dengan yang paling primitive sekalipun.
Dengan demikian, terkihat pada piliahn Nabi Muhammad SAW terhadap penggunaan mata uang dinar dan dirham yang berbahan baku emas serta perak bukanlah tanpa perhitungan dan kecermatan.
Dari sini, sadarlah bahwa kita perlu menelisik fondasi ekonomi berbasis syariah yang sudah pernah diterapkan pada zaman Nabi Muhammad SAW dan bagaimana ekonomi syariah ini sudah dipersiapkan matang untuk kondisi ratusan tahun mendatang.

Tentang kelemahan sistem ekonomi kapitalis ini dibenarkan oleh Diana Yumanita dalam bukunya Pemimpi Perubahan bahwa kelemahan itu terletak pada sistem yang berbasis fiat money (uang kertas yang tidak memiliki nilai instrinsik), fractional reserve banking (penciptaan uang giral yang meningkatkan jumlah uang beredar tanpa menggerakan sector rill) dan sistem perbankannya selalu dikaitkan dengan sector rill melalui pola bagi hasil dan praktik jual-beli tanpa bunga.
Ekonomi konvensional atau sistem ekonomi kapitalis lambat laun mulai terkuak tidak mampu menjawab tantangan zaman. Bahkan ekonomi syariah ini cenderung menyesatkan dan menyengsarakan banyak orang.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


thanks! click to close