Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

Ekonomi Syariah

Di satu sisi, ekonomi syariah telah berkembang secara mengglobal. Di sisi lain, ramai awam yang memang belum paham apa benefit yang diperoleh dengan menggunakan fasilitas ekonomi syariah. Karena itu, wajar jika ditengah 200 juta lebih Muslim di Indonesia, aset perbankan syariah hanya baru mencapai angka 1.7 % dari total aset perbankan nasional. Artinya, begitu besar potensi umat Islam Indonesia yang belum memanfaatkan ekonomi syariah dalam praktik ekonominya, terutama perbankan.

Dalam hal ini memang diperlukan promosi sekaligus edukasi kepada masyrakat awam tentang keunggulan produk-produk ekonomi syariah yang apabila diterapkan akan membawa maslahah. Hal terpenting adalah tujuan utama menghindarkan riba (membungakan uang) seperti yang ditegaskan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam fatwa nomor 1, tahun 2004 tentang Bunga yang menyatakan bahwa bunga bank adalah haram. MUI menganjurkan kaum muslim menggunakan fasilitas perbankan syariah ataupun badan-badan ekonomi syariah. Apabila ada suatu daerah belum terdapat badan seperti yang dimaksud, diperbolehkan menggunakan fasilitas badan konvensional dengan prinsip dharurat/hajah.

Hal lain, ternyata prinsip-prinsip ekonomi syariah memang betul-betul bisa diandalkan untuk menghadapi tantangan ekonomi saat ini. Salah seorang pelopor ekonomi syariah di Indonesia, Karnaen A. Perwataatmadja mengatakan, semangat ekonomi syariah bersifat universal dengan mengajarkan nilai-nilai keadilan, transparansi, antikorupsi, serta menjunjung misi utama, yaitu menegakkan nilai-nilai akhlak dalam aktivitas berbisnis, baik individu, perusahaan, maupun negara.

“Konsep-konsep sistem ekonomi syariah ini sangat diminati. Hal ini terlihat dengan perkembangan kelembagaan pada bank syariah di Indonesia maupun dunia, “ ujar Karnaen.

Begitupun menurut pakar ekonomi Islam, Prof. Dr.K.H Didin Hafidhuddin, M.Sc. yang mengatakan bahwa ekonomi Islam merupakan bagian dari syariat Islam, terutama rahmatan lil’alamin dan kaffatal lil’alamin.

“Ekonomi Islam pun demikian sehingga tidak cocok untuk umat Islam, tetapi juga seluruh umat manusia,” tegas K.H. Didin Hafidhuddin.

Disamping itu, hal lebih penting bagi kaum muslim adalah mempersiapkan bejal akhirat lewat aktivitas dan ikhtiarnya selama di dunia. Tidak ada seorang manusiapun yang bisa memprediksi berapa lama ia akan hidup di dunia ini. Tindakannya menjemput rejeki seperti yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW haruslah tetap dalam koridor syariah. Tidak dilarang seseorang berinvestasi hingga ia berjaya dalam bisnis. Lalu, tidak pula dilarang seseorang untuk menjaga atau menabung hartanya sebagai persiapan. Namun, hendaklah hal tersebut dilakukan semata-mata mencari ridha Allah SWT.

Izin Allah Swt kepada seseorang bisa jadi diberikan, tetapi ridhaNya hanya turun kepada orang-orang yang berada di jalanNya. Riba bukanlah jalan yang di ridhai oleh Allah Swt. Berbisnis dengan cara merugikan atau menyulitkan orang lain, bukanlah jalan yang diridhai Allah. Berbisnis barang-barang haram juga jelas bukan jalan yang di ridhainYa. Tidak ditunaikannya hak fakir miskin lewat zakat dan sedekah didalam untung bisnis bukanlah hal yang disukai Allah Swt. Manusia mesti berlomba-lomba dalam kebaikan agar sisa umurnya bisa dipertanggungjawabkan kelak di hadapan Allah Swt.

Berikhtiar dan berbisnis untuk mencapai kemakmuran adalah sebuah tindakan yang kelak juga harus dipertanggungjawabkan dihadapan Allah Swt. Karena itu, tidak salah jika berbisnis dengan basis ekonomi syariah merupakan langkah menentramkan dan mengamankan hidup seorang muslim atau siapa pun. Jadi, ada nilai tambah dalam ekonomi syariah, disamping nilai tambah di dunia.

Demikian esensi berkonomi syariah, terutama bagi kalangan awam yang sedang berlomba-lomba dalam kebaikan dan mencari ridha Allah Swt. Allah Swt akan memberikan keuntungan bagi mereka.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>