Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

Dua jenis asuransi syariah

Sebagai perbandingan ada baiknya kita melihat juga peraturan perundangan tentang asuransi syariah seperti yang terdapat dalam Fatwa DSN 21 /DSN-MUI/X/2001 tentang usaha perasuransian.

Berdasarkan fatwa dewan syariah nasional No 21. /DSN-MUI/X/2001 tentang pedoman umum asuransi syariah mendefenisikan bahwa asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong diantara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk asset dan atau tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah.

Selanjutnya, asuransi syariah saat ini dibagi menjadi dua jenis asuransi, yaitu sebagai berikut :

Asuransi jiwa syariah

Jenis asuransi syariah yang khusus mengelola risiko berkaitan dengan hidup atau meninggalnya seseorang. Termasuk dan tidak terbatas pada pemberian santunan apabila ada peserta yang mengalami musibah serta perencanaan keuangan peserta pada masa datang.

Asuransi umum syariah

Jenis asuransi syariah yang khusus mengelola risiko yang berkaitan dengan asset, kepentingan dan tanggung gugat seseorang atau kelompok orang.

 

Adapun produk-produk asuransi umum, pada dasarnya dapat dikategorikan menjadi lima Class of business sebagai berikut :

  1. Asuransi kebakaran, yaitu jenis perlindungan asuransi berupa pembayaran ganti rugi oleh perusahaan asuransi kepada tertanggung terhadap kerugian atas dan atau kerusakan pad harta benda yang dipertanggungkan, berdasarkan pad syarat dan kondisi polis asuransi yang disepakati.
  2. Asuransi rekayasa yaitu jenis perlindungan asuransi berupa pembayaran gantu rugi oleh perusahaan asuransi kepada tertanggung terhadap kerugian atas dan atau kerusakan pada proyek konstruksi, contractor plant and machineries, peralatan dan lain-lain. Termasuk tanggung gugat tertanggung yang duipertanggungkan berdasarkan pada syarat dan kondisi polis asuransi yang disepakati.
  3. Asuransi pengangkutan yaitu jenis asuransi berupa pembayaran ganti rugi oleh oleh perusahaan asuransi kepada tertanggung terhadap kerugian atas dan atau kerusakan pada harta benda dalam pengangkutan atau rangka kapal yang dipertanggungkan, berdasarkan pad syarat dan kondisi polis asuransi yang disepakati.
  4. Asuransi aneka yaitu jenis asuransi berupa pembayaran ganti rugi oleh perusahaan asuransi kepada tertanggung trhadap kerugian atas dan atau kerusakan pad harta benda, luka badan, hingga kematian, kepentingan keuangan, tanggung gugat terhadap tertanggung dan lain-lain, yang dipertanggungkan, berdasarkan pad syarat dan kondisi polis asuransi yang disepakati.
  5. ASuransi kendaraan bermotor, yaitu jenis perlindungan asuransi berupa pembayaran ganti rugi oleh perusahaan asuransi berupa pembayaran ganti rugi oleh perusahaan asuransi kepada tertanggung kerugian atas dan atau kerusakan pada kendataan, termasuk tanggung jawab hukum tertanggung, yang dipertanggungkan, berdsarkan pada syarat dan kondisi polis asuransi yang disepakati.

Hakikat terjadinya kesepakatan asuransi didasarkan pad asas kerjasama dan saling membantu. Asas seperti ini dapat dikatakan sejalan dengan prinsip-prinsip syariah. Dalam hal ini terjadi kesepakatan antara pengelola dan peserta asuransi bahwa pengelola akan menerima kontribusi dari peserta untuk mendapatkan pertanggungan apabila peserta mengalami kerugian maupun kehilangan yang disebabkan oleh peristiwa tidak pasti dan tanpa kesengajaan serta peristiwa meninggalnya peserta dalam masa perjanjian atau hidup sampai pada akhir perjanjian. Untuk itu, pertanggungan akan diberikan dengan persyaratan yang tercantum di dalam polis.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


thanks! click to close