Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

6 Langkah Cerdas Mengatur Keuangan Keluarga (.)

Mengatur Keuangan Keluarga

Pernahkah anda mengalami susahnya mengatur keuangan keluarga? Setiap kali gajian, uang terasa lewat begitu saja. Jangankan memikirikan tabungan masa depan, untuk kebutuhan sehar-hari saja belum bisa tercukupi.
Itukah masalah anda saaat ini?

Yuk, kita bahas bagaimana cara mengelola keuangan keluarga yang cerdas. Orang-orang kaya diluar sana mengajari bahwa kekayaan itulah adalah aset yang kita punya, bukan seberapa besar penghasilan anda. Sebesar apapun penghasilan kita, kita tidak akan pernah kaya jika keran keuangan kita selalu bocor.

Oke, kita langsung saaja bahas yah, 5 langkah cerdas cara mengatur keuangan keluarga. Tips ini bersifat praktis sehingga anda harus ikuti langkah-langkahnya yah.

Langkah pertama

Apakah anda pernah menghitung penghasilan anda setiap bulannya? Penghasilan bersih merupakan penghasilan setelah di potong pajak. Kalau belum, mulai hari ini anda sebaiknya menghitung penghasilan keluarga (penghasilan suami dan istri).

Langkah kedua

Setelah menghitung penghasilan bersih, langkah selanjutnya yaitu anda membuat daftar kebutuhan sehari-hari anda setiap bulannya. Seperti transportasi, cicilan-cicilan menumpuk anda, asuransi (jika belum ada silahkan baca pentingnya asuransi pendidikan anak), makan dan minum, rekreasi, serivice kendaraan.
Langkah pertama dan kedua berguna untuk melihat cash flow anda, apakah balance atau tidak.

Selanjutnya langkah ketiga

Anda bisa donk perkirakan berapa penghasilan dan pengeluaran anda selama sebulan. Nah disini kepintaran orang tua berperan, setelah anda membedah kebutuhan sehari-hari anda. Anda bisa donk membedakan mana yang benar-benar kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Sulit membedakan?

Oke saya bantu jelaskan bagaimana membedakan kebutuhan dan keingininan.
Kebutuhan adalah sesuatu yang keberadaannya jika tidak kita miliki, maka akan mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Sementara keinginan adalah sesuatu yang secara emoisonal hanya memenuhi kepuasan kita, keberadaannya tidak mengganggu aktivitas rutin kita.

Keinginan yang sering dilakukan ibu-ibu adalah belanja saat diskon besar-besaran (padahal barang yang sejenis masih ada di rumah).

Setelah mengetahui kebutuhan keluarga anda, buatlah daftar semua kebutuhan dan biaya kebutuhan tersebut di dalam buku atau excel anda.

Langkah keempat

Nah, anda sudah punya donk pengeluaran dan pemasukkan keuangan, setelah itu yang perlu anda lakukan adalah setiap awal bulan, anda harus menyisihkan biaya dari masing-masing yang anda sudah listkan. Supaya tidak terpakai uangya , anda bisa buatkan celengan atau tabungan khusus.
Intinya adalah semua pengeluaran sudah memiliki postnya masing-masing, sehingga tidak mengganggu post pengeluaran lain.

Langkah kelima

Nah, anda sudah punya donk pengeluaran dan pemasukkan keuangan, setelah itu yang perlu anda lakukan adalah setiap awal bulan, anda harus menyisihkan biaya dari masing-masing yang anda sudah listkan. Supaya tidak terpakai uangya , anda bisa buatkan celengan atau tabungan khusus.

Intinya adalah semua pengeluaran sudah memiliki postnya masing-masing, sehingga tidak mengganggu post pengeluaran lain.

Langkah keenam

Komunikasikan langkah-langkah mengatur keuangan ini kepada suami dan istri, sehingga bisa saling mengingatkan dan menjadi budaya dalam keuarga kita.

Semoga keluarga anda berhemat 30 % setelah melakukan 6 langkah cerdas mengelola keuangan keluarga ini.

Silahkan baca artikel yang menurut anda penting bagi keluarga anda dibawah ini

Pentingnya asuransi jiwa bagi keluarga
Pentingnya asuransi pendidikan anak
Pentingnya asuransi pensiun bagi keluarga

Mari budayakan berkomentar jika ada hal yang ditanyakan.
Sehingga kami dapat mengupdate artikel kami jika ada hal yang perlu ditambahkan.
Komentar anda sebagai wujud partisipasi, membuat kami lebih serius mengelola website ini untuk menyediakan informasi yang akurat seputar dunia asuransi, perencanaan keuangan dan investasi.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


thanks! click to close