Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

Cakupan asuransi  syariah (.)

 

Adanya asuransi syariah menjadi sebuah solusi untuk menjawab kebutuhan kaum muslim akan pentingnya perencanaan masa depan. Dalam hal ini asuransi syariah mencakup sebuah transaksi bisnis yang halal dengan akad-akda bebas dari unsur maisir, gharar, dan riba.

Sebuah konsep baru yang coba ditetapkan dan juga munculnya kasus-kasus baru dalam praktik  menempatkan sistem asuransi syariah terus mengalami pengkajian dan penyempurnaan. Hal ini dapat dimaklumi mengingat sistem asuransi tidak dikenal sebelumnya pada masa Nabi Muhammad Saw. Hanya saja dalam sejarahnya ada praktik yang mengandung kemiripan dengan asuransi. Karena itu, sistem asuransi syariah pun dibangun atas dasar dalil-dalil dari AL-Quran, Al Hadits dan kesepakatan ulama (jumhur) sebagai terobosan baru dalam praktik ekonomi syariah untuk menjawab kebutuhan umat masa kini dan masa mendatang.

 

  1. Konsep dasar asuransi syariah

Konsep dasar asuransi syariah seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah prinsip ta’awun (Saling menolong). Prinsip-prinsip tersebut dapat dijelaskan secara gamblang diantara dua pihak yang bersepakat yaitu perusahaan asuransi dan peserta asuransi.

 

5 konsep dasar asuransi syariah

  1. Asuransi syariah dibangun atas dasar ulang bertanggung jawab

Dalam muamalah jual-beli terdapat unsur ibadah ketika dua pihak yang bertransaksi saling bertanggung jawab. tanggung jawab sesame Muslim bersifat fardhu kifayah. Adapun tanggung jawab ini terlaksana apabila ada sikap saling percaya, saling menghormati, dan saling menyayangi antar sesame Muslim.

Antara  perusahaan asuransi dan peserta asuransi harus memahami tanggung jawab masing-masing dari akibat akad yang disetujui bersama.

  1. Asuransi syariah dibangun atas dasar saling bekerja sama

Kaum muslim harus membangun komitmen untuk bekerja sama. Seorang muslim sudah selayaknya menjadi peserta asuransi pada perusahan asuransi syariah yang juga dimiliki oleh seorang muslim. kerja sama ini akan menguatkan bangunan ekonomi umat sehingga kemudian kaum Muslim benar-benar bisa berperan besar untuk kemaslahatan dunia.

  1. ASuransi syariah dibangun atas dasar saling melindungi

Asuransi syariah dibangun atas dasar saling melindungi yang sebanar-benarnya melindungi bukan sekedar proteksi yang diberikan sebagai jasa atau iming-iming kepada peserta asuransi. Kaum muslim disunnahkan Rasulullah Saw saling melindungi, saling memberi kemudahan dan saling memberi kabar gembira.

  1. Asuransi syariah dibangun atas dasar saling menyelamatkan

Islam adalah agama keslamatan. Kaum muslim disunnahkan untuk memberi dan menjawab salam yang mengandung doa keslamatan.Perusahaan asuransi dan peserta asuransi hendaknya dapat mewujudkan rasa aman sebagai buah dari keselamatan.

  1. Asuransi syariah dibangun atas dasar profesionalitas

Profesionalitas adalah sebuah ukuran untuk dapat maju dan bersaing menghadapi tantangan modern yang semakin meminggirkan ataupun mengaburkan prinsip-prinsip syari’i. Seorang pengelola asuransi syariah haruslah profesionalitas dan memiliki ketrampilan serta ilmu yang memadai untuk mempromosikan asuransi syariah. Pada dasarnya, seorang profesionalitas adalah mereka yang memiliki ilmu, ahlak dan keseriusan berikhtiar pada jalan yang benar. Profesionalitas  akan menjadi indicator kemajuan dan kemampuan menghadapi berbagai perubahan zaman.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>