Sediakan asuransi pensiun anda mulai sekarang

Masa pensiun akan tenang, jika anda menyiapkan dana pensiun dengan baik

Asuransi itu tidak wajib tetapi sangat penting

Ketika sakit dijamin anda tidak dapat mengambil asuransi

Kami menyediakan solusi financial anda

Salah sau solusi financial dengan mengambil asuransi

 

5 cara tepat mempersiapkan dana pensiun anda

Asuransi-Pensiun-dan-Dana-Pensiun-Apakah-Beda

 

Saat di usia produktif tentunya kita dapat bekerja dan menghasilkan uang, selain itu kita dapat bekerja sampingan untuk menambah penghasilan.

Kondisi ini yang membuat anda nyaman seolah olah anda dapat bekerja sampai sepanjang usia. Namun ketika kita melihat orang-orang disekitar yang sudah berada di masa tua dan masih bekerja, kita harus belajar dari hidup mereka.

 

Berikut hal-hal yang bisa kita lakukan di masa muda demi mempersiapkan dana pensiun

 

  1. Dimulai sejak dini

Untuk membudayakan menghmat dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi dan ini butuh dilatih sejak saat ini, coba anda review hidup anda, selama anda bekerja sudah berapa banyak tabungan yang anda miliki.

 

Segeralah ambil tindakan, untuk mempersiapkan dana pensiun, anda dapat menyisihkan 4-7 % dari penghasilan anda.

 

  1. Buatlah rincian pengeluaran

 

Pengeluaran yang tidak dicatat membuat kita tidak bisa mereview apakah pengeluaran kita sudah sesuai kebutuhan atau keinginan semata. Kondisi ini membuat kita terus menerus melakukan pemborosan. Oleh karena itu segeralah install aplikasi pencatatan pengeluaran ini di hape anda.

 

  1. Memaksakan diri untuk menabung

Perasaan senang ketika mendapatkan gaji sering membuat kita lupa diri. Sehingga yang kita lakukan adalah menggunakan penghasilan tersebut dengan tidak tepat. Padahal sebagai karyawan tentunya penghasilan anda akan tetap selama 1tahun kedepan. Ketika kita melakukannya hal ini terus menerus sudah pasti anda tidak akan memiliki dana pensiun yang cukup.

 

Menabung haruslah menjadi prioritas utama, dan menabung harus di awal gajian, anggaplah menabung seperti pengeluaran yang rutin dilakukan.

 

  1. Segera lunasi hutang

 

Kelalaian kita dimasa lalu membuat kita memiliki hutang saat ini, jika kita memiliki hutang maka prioritaskan untuk membayar hutang. Hutang yang memiliki bunga tinggi akan membuat anda seperti gali lubang tutup lubang.

 

Buatlah rencana pelunasan hutang anda, sehingga ketika anda akan terpaksa menggunakan penghasilan dengan sangat bijak

 

 

  1. Jangan lupa mempersiapkan dana darurat

 

Secara ilmu perencanaan keuangan, seseorang memerlukan dana daurat sebesar 6 kali penghasilannya. Dana  ini akan membantu anda ketika terjadi musibah seperti kebakaran, sakit, kecelakaan dan sebagainya.

 

Dengan mempersiapkan dana darurat maka cashflow anda akan baik.

 

 

Simak artikel terkait program asuransi pensiun yang tepat

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>


thanks! click to close